Enam Anime Dengan Episode Terpanjang Sepanjang Masa

 Maraknya anime dan manga di industri hiburan ternyata menghasilkan banyak sekali cerita yang berbeda di setiap musimnya, terdapat banyak genre yang disuguhkan, mulai dari komedi, romance, petualangan, slice of life bahkan gore. Dari sekian banyak judul, ternyata ada 6 judul anime maupun manga yang telah mengudara dari belasan bahkan puluhan tahun yang kisahnya masih berlanjut hingga sekarang. Bisa dibilang, ke enam judul ini termasuk animanga sepanjang masa, yang tentunya akan terus dikenang hingga nanti. Apa saja anime dan manga tersebut? Yuk, simak daftar 6 anime dengan episode terpanjang berikut ini!

1. Sazae-san

Enam Anime Dengan Episode Terpanjang Sepanjang Masa
Foto sazae dan nyomot halal ti google.com

Mungkin judul anime ini kurang bersahabat dengan telinga kita, namun siapa sangka kalau anime ini ternyata pernah mendapat penghargaan dari Guinness Book of World Record sebagai ‘serial anime terpanjang di dunia’ tahun 2013 lalu, lho!
Sazae-san pertama kali muncul dalam bentuk manga pada tahun 1946 yang dibuat oleh Machiko Hasegawa. Manga ini pernah mendapat penghargaan juga pada tahun 1962 di ajang 8th Bungeishunjuu Manga Award. Nah, kemudian diangkat menjadi anime pada tahun 1969. Manga Sazae-san sudah berumur 70 tahun dan 47 tahun untuk serial anime. Total kurang lebih sudah 9000+ episode yang pernah tayang di Jepang, lho! Wah, sungguh luar biasa!
Animanga ini bercerita mengenai kehidupan seorang wanita paruh baya, Sazae Fuguta dan keluarganya. Sazae-san memiliki suami bernama Masuo Fuguta dan satu anak laki-laki bernama Tarao Fuguta. Animanga ini disuguhkan dengan cerita yang jenaka dan penuh makna.


2. Dragon Ball

Enam Anime Dengan Episode Terpanjang Sepanjang Masa
Foto Dragon bakal nyomot halal ti google.com

Anak-anak kelahiran 80-an pasti tahu anime yang satu ini! Ya, anime dengan episode terpanjang selanjutnya adalah Dragon Ball! Manga Dragon Ball pertama kali dibuat pada tahun 1984 oleh Akira Toriyama, kemudian muncul versi anime dan tayang di televisi Jepang pada tahun 1986. Setelah itu, serial anime dari Dragon Ball masih terus berlanjut hingga saat ini.
Anime Dragon Ball terbagi menjadi beberapa sekuel, pertama kali berjudul Dragon Ball (1986 - 1989), selanjutnya ada Dragon Ball Z (1989 - 1996), Dragon Ball GT (1996 - 1997), Dragon Ball Z Kai (2009 - 2015) dan Dragon Ball Super (2015 - sekarang). Dragon Ball sendiri sebenarnya juga pernah dibuatkan film live action beberapa kali, hingga yang terakhir adalah film Dragon Ball Evolution pada tahun 2009 versi Amerika Serikat. Film tersebut disutradarai oleh James Wong dan diperankan oleh beberapa aktor dan aktris Hollywood kenamaan seperti Justin Chatwin, Emmy Rossum dan James Marsters. Namun banyak yang bilang bahwa film live action ini gagal karena memiliki ‘rasa’ yang berbeda dengan versi aslinya.


3. Doraemon

Enam Anime Dengan Episode Terpanjang Sepanjang Masa
Foto Doraemon nyomot halal ti google.com

Anime dengan episode terpanjang selanjutnya adalah Doraemon. Ingatkah kalian kapan pertama kali anime ini tayang di Indonesia? Ya, tepatnya tahun 1988 anime Doraemon tayang di RCTI.
Sebelum diangkat menjadi sebuah anime, manga Doraemon lebih dahulu dikenal oleh masyarakat Jepang. Manga tersebut dibuat oleh Fujiko F. Fujio pertama kali pada tahun 1969. Kemudian tahun 1980 mulai ditayangkan versi anime di Jepang. Karakter kucing yang lucu yang datang dari abad ke-22 dan Nobita yang ceroboh menjadikan kisah Doraemon tidak akan pernah dilupakan oleh siapapun yang menontonnya. Total sudah lebih dari 2000 episode dan puluhan film yang telah tayang hingga hari ini.


4. Nintama Rantarou


Pernah mendengar judul anime ‘Ninja Boy’? Ya, anime yang bertemakan pendidikan untuk anak-anak ini aslinya berjudul ‘Nintama Rantarou’. Anime ini pernah ditayangkan di beberapa stasiun televisi di Indonesia, lho. Anime ini diadaptasi dari manga Rakudai Ninja Rantarou (Kegagalan Ninja Rantarou) karya Amako Soubee. Kemudian diangkat menjadi sebuah anime dan ditayangkan perdana pada tahun 1993. Tercatat sudah lebih dari 1600-an episode tayang hingga hari ini.
Pada tahun 2011 lalu, anime ini diangkat menjadi sebuah film live action yang disutradarai oleh Takashi Miike dengan judul ‘Ninja Kids!!!’

5. Chibi Maruko-chan

Enam Anime Dengan Episode Terpanjang Sepanjang Masa
Foto chibi Maruko Chan nyomot halal ti google.com

Anime dengan judul terpanjang elanjutnya adalah Chibi Maruko-chan. Siapa sih yang gak tahu dengan karakter cewek imut yang nyebelin, tapi ngangenin satu ini? Karakter Momoko “Maruko” Sakura diambil dari nama pengarang manga ini sendiri, lho! Iya, ia sengaja menamai karakter di manga buatannya menggunakan namanya. Menceritakan mengenai kehidupan Maruko-chan yang suka usil dan lucu. Ia sering dimarahi oleh kakaknya, Sakiko Sakura, karena kelakuannya yang super menjengkelkan. Meskipun demikian, kisah dari Maruko-chan ini begitu menghibur kita semua. Bahkan tidak jarang kita tertawa dibuatnya.
Manga Chibi Maruko-chan dirilis di Jepang pada tahun 1986 sampai 1996 oleh penerbit Shueisha, kemudian diterbitkan ulang dalam versi bahasa Indonesia oleh Elex Media Komputindo. Untuk versi anime-nya ditayangkan perdana pada tahun 1990 di Fuji TV, Jepang. Kisah Chibi Maruko-chan menjadi satu dari animanga yang begitu melegenda, tercatat lebih dari 900 episode anime ditayangkan dan telah dibuat beberapa serial drama live action yang juga ditayangkan di Fuji TV.


6. Crayon Shinchan

Enam Anime Dengan Episode Terpanjang Sepanjang Masa
Foto Shinchan nyomot halal ti Google.com

Anime yang satu ini identik dengan anak laki-laki dengan alis tebalnya. Ya, siapa lagi kalau bukan Crayon Shinchan! Berkisah mengenai kehidupan sehari-hari Shinnosuke Nohara (Shin-chan) yang masih berumur 5 tahun, tetapi bandel dan selalu berbuat ulah.
Manga Crayon Shinchan dibuat oleh Yoshito Usui dan diterbitkan pertama kali pada tahun 1990 di majalah Weekly Manga Action oleh Futabasha. Kemudian versi anime-nya tayang perdana pada tahun 1992 di TV Asahi, Jepang. Di Indonesia sendiri, versi manga Crayon Shinchan pertama kali diterbitkan oleh Indorestu Pacific, kemudian dilanjutkan oleh Elex Media Komputindo. Hingga saat ini, tercatat lebih dari 800 episode dan sekitar 20 film yang telah tayang baik di Jepang maupun di seluruh dunia.


Sekian Enam anime dengan episode terpanjang.
Bagaimana panjang bukan ?
Silahkan share dan comment jika kalian suka.

0 Response to "Enam Anime Dengan Episode Terpanjang Sepanjang Masa"

Post a Comment